Apa Sih Arti dari Istilah Fear and Greed Index

Sebagai seorang trader untuk mendapatkan penghasilan tentu memiliki beberapa teknik dalam menganalisa pergerakan pasar.

Banyak sekali teknik yang diterapkan, mulai dari menggunakan indicator untuk menganalisa grafik atau chart, indikator berdasarkan votalitas, volume, momentum, trned dan berbagai indikator lainnya.

Namun dari beberapa indikator diatas, yang banyak diterapkan oleh para trader khususnya trader cryptocurrency ialah Fear and Greed Index.

Istilah tersebut mungkin sudah taka sing lagi bagi sebagian orang yang sudah cukup lama berkicambung di dunia trading.

Namun tak sedikit pula dari mereka yang masih belum mengerti apa sih arti dari istilah Fear dan Greed Index itu sendiri, atau mungkin kamu salah satunya?

Jika iya, yuk ikuti terus pembahasan kami kali ini.

Arti dari Istilah Fear and Greed

Fear and Greed Index adalah salah satu index yang diaplikasikan oleh para trader dengan cara mengukur sentiment para investor terhadap pasar.

Index tersebut berisikan data yang menunjukkan keadaan pasar, dalam keadaan bullish atau bearish yang didapatkan dari dua keadaan emosi berlawanan yakni Fear dan Greed.

Darimana Fear and Greed Tercipta?

Votalitas

Volatilitas salah satu penyumbang 25% dari indeks, dan hal tersebut menyebabkan kecepatan perubahan nilai Bitcoin. Untuk volatilitas, indikator menggunakan data pasar dari 30 dan 90 hari terakhir.

Volume

Volume pasar juga menyumbang 25% dari indeks serta mewakili volume perdagangan rata-rata dan momentum pasar selama 30 dan 90 hari terakhir. Periode ini di mana pasar akan mengalami lonjakan volume perdagangan yang tinggi sehingga dianggap meningkatkan keserakahan para investor.

Sosial Media

Peranan sosial media juga berpengaruh terhadap pergerakan pasar, menurut penelitian sosial media mampu mempengaruhi pasar hingga 15%.

Semua itu bersumber dari tagar kripto yang relevan dan dan trending Twitter. Maka tak heran jika terjadi trend tagar suatu mata uang crypto maka dalam waktu dekat mata uang kripto tersebut akan mengalami lonjakan yang fantastis tidak seperti biasanya.

Dominasi Bitcoin

Pantas saja bitcoin sering disebut king of cryptocurrency, salah satu alasannya ialah juga dapat mempengaruhi harga pasar. Untuk kasusu ini efek dari dominasi Bitcoin terhadapt fear and greed mencapai 10%.

Bisa kita buktikan jika harga bitcoin melambung maka secara otomatis aka nada beberapa altcoin yang harganya juga mengalami peningkatan yang pesat.

Google Trends

Bukan hanya sosial media, peranan google trend juga menyebabkan sentiment pasar sekitar 10%. Semua itu bersumber dari kata kunci pencarian yang banyak diketikkan oleh banyak orang.

Akhir Kata

Sebagai seorang trader, kita harus sadar bahwasanya tidak ada metode untuk memprediksi pergerakan pasar yang akurat 100%. Namun tetaplah menggunakan strategi trading yang diyakini terbaik untuk meminimalisir kerugian.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.